Rabu, 24 Oktober 2012

Proses Produksi Bata Merah Press

Bahan Baku Pembuat Bata Merah

Bahan baku batu bata adalah tanah liat atau tanah lempung yang telah dibersihkan dari kerikil dan batu-batu lainnya. Tanah ini banyak ditemui di sekitar kita. Itulah salah satu penyebab batu bata mudah didapatkan. Adakalanya kita melihat batu bata yang warna dan tingkat kekerasannya berbeda. Perbedaan ini disebabkan karena perbedaan bahan baku tanah yang digunakan, lapisan tanah bagian atas dengan lapisan tanah bagian bawah secara kualitas dan kuantitas sangat berbeda. Serta perbedaan teknik pembakaran yang diterapkan.




Cara Pembuatan Bata Merah Press

Proses produksi batu bata merah, sebagai berikut:
1. Adonan (diulet) 
Tanah liat atau tanah lempung yang masih keras dihaluskan / digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan cangkul atau garpu dengan membuang kerikil atau batu yang bercampur di dalam tanah liat tersebut. Kemudian tanah liat yang sudah gembur tersebut disiram dengan air secukupnya dan diaduk menggunakan cangkul hingga tanah tersebut menjadi lengket (agar lebih lengket dan menghasilkan kualitas yang lebih baik adonan tanah tersebut dicampur dengan sekam / kulit padi secukupnya).

2. Pencetakan (dicetak/dipress)
Setelah menjadi adonan kemudian dimasukan kedalam mesin penggiling/molen. Tanah liat yang telah menjadi adonan tersebut segera dicetak menggunakan mesin, dan keluar berbentuk kubus memanjang kemudian dipotong-potong menggunakan kawat menjadi tiga bata dan seterusnya. Hasil produksi sekitar 10.000 - 20.000 pcs/hari (tergantung dari jumlah pekerja).

3. Pengeringan (dileng)
Setelah dicetak kemudian dikeringkan di dalam ruangan / bangunan terbuka biasa disebut bangunan Lio (jangan terkena sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan keretakan pada bata). Pengeringan dengan menggunakan angin akan lebih bagus hasilnya dibanding dengan terkena sinar matahari langsung. Proses pengeringan memakan waktu 5 - 10 hari.

4. Pembakaran (dioven)
Setelah bata merah kering / setengah jadi tersebut dimasukan ke dalam oven / tungku pembakaran secara bertahap (isi oven +/- 60.000 pcs), kemudian  dibakar dengan suhu lebih dari 1000 °C (1800 ° F) di dalam oven pembakaran dengan menggunakan kayu bakar selama kurang lebih 2 hari 1 malam.
Siap untuk didistribusikan.


Mesin Cetak

Proses Produksi (Adonan)

Proses Produksi (Pencetakan)

Proses Produksi (Pemotongan)
Proses Produksi (Pengeringan)
 
Pengeringan dan penyusunan

Oven Pembakaran



Hasil Produk (Bata Matang)

Tidak ada komentar: